Rabu, 11 Maret 2015

MENGENAL ADOBE FLASH CS6




Kegiatan Belajar 2
MENGENAL ADOBE FLASH CS6


TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat menyebutkan:
·      cara membuka program Adobe Flash CS6, dan
·      bagian-bagian jendela kerja Adobe Flash CS6

URAIAN MATERI
  Adobe Flash CS6, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya, Adobe Flash CS6 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Contoh dari game atau bahan ajar dapat Anda lihat di www.e-dukasi.net atau pada Pesona Edukasi.
Penggunaan Adobe Flash CS6 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan siap digunakan.
Dengan anggapan sotfware Adobe Flash CS6 telah terinstal pada komputer yang Anda gunakan, berikut ini langkah awal untuk mengenal penggunaan Adobe Flash CS6.

A.   Cara Membuka
Untuk membuka program   Adobe Flash CS6 Anda dapat melakukan cara berikut:
·         Pilih Start > Program > Adobe Master Collection CS6  > Adobe Flash CS6
Atau
·         Pilih Ikon Adobe Flash CS6           pada dekstop (Layar monitor).






Beberapa saat akan muncul jendela dialog seperti berikut.
Pilih Create New > Flash Document untuk memulai membuat file baru.
Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.

B.   Mengenal Jendela Kerja
1.    Mengenal Menu Dasar
Menu Bar

 
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Adobe Flash CS6, saat Anda memulai membuat file baru.
Panel
 
Work Area

 
Stage

 
Properties

 
Library

 
Toolbar

 
Timeline

 


Jendela kerja Adobe Flash CS6 terdiri atas :
·      Menubar
Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Adobe Flash CS6.

  • Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok: Tools; berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View; untuk mengatur tampilan lembar kerja, Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option; alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Tool
Nama
Fungsi
Shortcut

Selection Tool
Memilih dan memindahkan objek
V
Subselection
Tool
Mengubah bentuk objek dengan edit points
A
Free Transform
Tool
Mengubah ukuran atau memutar bentuk objek sesuai keinginan
Q

3D Rotation Tool
Merotasi objek 3D
W

Line Tool
Membuat garis
N

Lasso Tool
Menyeleksi bagian objek yang akan diedit
L
Pen Tool
Membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung
P

Text Tool
Membuat teks (kata atau kalimat)
T

Oval Tool
Membuat objek elips atau lingkaran
O
Ractangle Tool
Membuat objek berbentuk segi empat
atau segi banyak
R

Pencil Tool
Menggambar objek secara bebas
Y

Deco Tool
Menggambar objek sesuai efek
U
Brush Tool
Menggambar objek secara bebas dengan
ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah
disediakan
B

Swap Color
Menukar warna fill dengan stroke


Bone Tool
Memberi fungsi tulang pada objek
M

Paint Bucket Tool
Memberi warna pada objek secara bebas
K

Eyedropper Tool
Mengambil contoh  warna
I

Eraser Tool
Menghapus objek
E

Hand Tool
Menggeser stage
H

Zoom Tool
Memperbesar atau memperkecil objek
CTRL + / -

Stroke Color
Memberi warna pada garis/garis tepi


Fill Color
Memberi warna pada pada objek

Option tool
Mengatur fungsi tambahan dari tool yang sedang aktif


  • Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
  • Stage
Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
  • Panel
Beberapa panel penting dalam   Adobe Flash CS6 diantaranya panel: Properties,  Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info & Transform.
Tampilan Panel Action Script                                                          Tampilan Panel Color
  • Properties

Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
  • Library

Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).
2.    Document Properties
Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.
Untuk memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties, kemudian pilih .


 



























 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar