Kegiatan Belajar 2
MENGENAL ADOBE FLASH CS6
TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat menyebutkan:
·
cara
membuka program Adobe Flash CS6, dan
·
bagian-bagian jendela kerja Adobe Flash CS6
URAIAN MATERI
Adobe
Flash CS6, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis
vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini
memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet
(online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi
atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0
yang dibawanya, Adobe Flash CS6 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau
bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Contoh dari game atau bahan ajar dapat
Anda lihat di www.e-dukasi.net atau pada Pesona Edukasi.
Penggunaan Adobe Flash CS6 untuk animasi atau pembuatan
bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah
digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan siap
digunakan.
Dengan anggapan sotfware Adobe Flash CS6 telah terinstal
pada komputer yang Anda gunakan, berikut ini langkah awal untuk mengenal
penggunaan Adobe Flash CS6.
A.
Cara Membuka
Untuk membuka program Adobe
Flash CS6 Anda dapat melakukan cara berikut:
·
Pilih Start > Program
> Adobe Master Collection CS6 > Adobe Flash CS6

·
Pilih
Ikon Adobe Flash CS6 pada
dekstop (Layar monitor).
Beberapa saat akan
muncul jendela dialog seperti berikut.



Pilih Create New > Flash Document untuk memulai membuat file baru.
Pilih Open a Recent New > Open untuk membuka file flash.
B. Mengenal Jendela Kerja
1. Mengenal Menu
Dasar
|
|

|
|
|
|

|
|

Jendela kerja Adobe Flash CS6 terdiri atas :
·
Menubar

Berisi kumpulan menu
atau perintah-perintah yang digunakan dalam Adobe Flash CS6.
- Toolbar
Toolbar merupakan panel
berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat
kelompok: Tools;
berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View; untuk mengatur tampilan lembar kerja, Colors; menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option; alat bantu lain untuk mengedit
gambar.
Tool
|
Nama
|
Fungsi
|
Shortcut
|
![]() |
Selection
Tool
|
Memilih dan memindahkan objek
|
V
|
![]() |
Subselection
Tool
|
Mengubah bentuk objek dengan edit
points
|
A
|
![]() |
Free Transform
Tool
|
Mengubah ukuran atau memutar bentuk
objek sesuai keinginan
|
Q
|
![]() |
3D Rotation Tool
|
Merotasi objek 3D
|
W
|
![]() |
Line
Tool
|
Membuat
garis
|
N
|
![]() |
Lasso
Tool
|
Menyeleksi bagian
objek yang akan diedit
|
L
|
![]() |
Pen
Tool
|
Membuat bentuk objek
secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung
|
P
|
![]() |
Text
Tool
|
Membuat teks (kata
atau kalimat)
|
T
|
![]() |
Oval
Tool
|
Membuat objek elips atau lingkaran
|
O
|
![]() |
Ractangle
Tool
|
Membuat objek
berbentuk segi empat
atau segi banyak
|
R
|
![]() |
Pencil
Tool
|
Menggambar objek secara bebas
|
Y
|
![]() |
Deco Tool
|
Menggambar objek
sesuai efek
|
U
|
![]() |
Brush
Tool
|
Menggambar objek
secara bebas dengan
ukuran ketebalan dan
bentuk yang sudah
disediakan
|
B
|
![]() |
Swap Color
|
Menukar warna fill
dengan stroke
|
|
![]() |
Bone Tool
|
Memberi fungsi tulang
pada objek
|
M
|
![]() |
Paint
Bucket Tool
|
Memberi warna
pada objek secara bebas
|
K
|
![]() |
Eyedropper
Tool
|
Mengambil
contoh warna
|
I
|
![]() |
Eraser
Tool
|
Menghapus
objek
|
E
|
![]() |
Hand
Tool
|
Menggeser
stage
|
H
|
![]() |
Zoom
Tool
|
Memperbesar atau memperkecil objek
|
CTRL + / -
|
![]() |
Stroke
Color
|
Memberi warna pada garis/garis tepi
|
|
![]() |
Fill
Color
|
Memberi warna pada
pada objek
|
|
![]() |
Option tool
|
Mengatur fungsi tambahan dari tool yang sedang aktif
|
- Timeline
Timeline
atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya
animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu
atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap
layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi.
Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama
animasi akan berjalan.

- Stage
Stage disebut juga layar atau panggung.
Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam
stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
- Panel
Beberapa panel penting dalam Adobe
Flash CS6 diantaranya panel: Properties,
Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info
& Transform.


Tampilan Panel Action Script Tampilan
Panel Color
- Properties

Panel
Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang
sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang
muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis
seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
- Library
Panel Library mempunyai
fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang
sedang dibuat. Simbol merupakan
kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).

2. Document
Properties
Fungsi Document
Properties adalah untuk melakukan
pengaturan ukuran layar, warna background,
framerate, dan dimensi dari animasi
yang akan dibuat.
Untuk memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties, kemudian pilih
.

![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar