Kegiatan Belajar 3
MENGGAMBAR BENTUK DASAR,
MENGGUNAKAN WARNA, DAN MENGIMPOR
GAMBAR
TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan
dapat menggunakan tool-tool pada Adobe Flash CS6 untuk :
·
Menggambar
bentuk-bentuk dasar (garis, kotak, lingkaran atau oval, dan bentuk bebas),
·
Mewarnai objek,
·
Mengolah teks, dan
·
Mengimport gambar.
URAIAN MATERI
A. Menggambar Bentuk-bentuk Dasar
1. Membuat garis dengan Line Tool





2. Membuat garis
dengan Pencil Tool





3. Menggambar
lingkaran atau elips




4. Menggambar
kotak









Untuk menggambar bentuk bersegi banyak, Klik dan Poligon tool ( ). Untuk
memilih bentuk bersegi banyak atau bintang, Pilih Options pada panel Properties,
Kemudian pada jendela dialog Tool
Settings yang muncul Anda dapat memilih bentuk yang diinginkan serta dapat
mengisikan angka berapa segi banyak yang akan dibuat.



Untuk menggambarnya, Klik mouse pada stage kemudian drag
sesuai besarnya objek yang diperlukan.


Untuk membuat bentuk bebas atau unik Anda dapat
menggunakan Pen Tool ( ). Klik mouse pada stage, drag dan lepas, maka garis akan
terbentuk. Gerakkan kembali mouse ke
arah yang diinginkan dan klik untuk
membuat sudut atau anchor point. Bila bentuknya merupakan kurva
tertutup maka dapat diberi warna.



7. Mengubah
Ukuran Objek






8. Memutar
Objek






B. Menggunakan
Warna
1. Mengganti
Warna






2. Gradasi




![]() |
Untuk mengedit gradasi pilih Gradient Transform Tool ( ). Klik dan drag handle yang muncul
sesuai dengan arah yang diinginkan.



C. Mengimpor Gambar dan Mengolahnya
1. Mengimpor
Gambar
Untuk memasukkan gambar dalam format bitmap, seperti misalnya foto, ke dalam movie dapat dilakukan dengan cara
mengimpor gambar/foto tersebut. Pilih menu File
> Import > Import to Stage,
lalu cari letaknya direktori gambar yang akan di impor.

2. Memperbesar/memperkecil


3. Mengubah
Bitmap menjadi Vektor (Trace Bitmap)
Dalam Flash terdapat fasilitas untuk mengubah gambar dalam format bitmap menjadi vektor, yaitu menu Trace Bitmap. Fasilitas ini berguna
untuk mengurangi besarnya file karena penggunaan gambar bitmap dalam animasi. Namun tentunya kualitas gambar bitmap itu sendiri akan mengalami
penurunan.

Kemudian
pilih menu Modify > Bitmap > Trace
Bitmap

Setelah muncul kotak dialog Trace Bitmap, masukkan angka pada kolom Color Threshold dan Minimum
Area. Semakin besar angka yang dimasukkan semakin besar pula file yang
dikompres. Namun sebaiknya tidak memasukkan angka lebih kecil dari 10 (sepuluh)
karena pengaruhnya pada pengurangan
besarnya file sebagai tujuan utama Trace
Bitmap akan sangat kecil. Bahkan pada beberapa komputer (dengan spesifikasi
rendah) akan mengakibatkan hang,
karena komputer dipaksa bekerja terlalu keras untuk menguraikan gambar
tersebut.

Setelah proses Tracing
Bitmap selesai, pilih menu Modify
> Group, agar gambar yang sudah di-trace
tersebut terkumpul sebagai satu image.

4. Pengolahan
Gambar lebih lanjut
Untuk mendapatkan gambar dengan hasil
olahan lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan software lain yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar/foto,
seperti; Fireworks, Adobe Photoshop atau Corel
Photopaint. Flash digunakan pada
saat gambar tersebut telah siap untuk dianimasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar